Ciptakan Team Work Tangguh Kecamatan Nongsa

Camat Nongsa Heryanto Joesoef mendadak melakukan rapat koordinasi di Ruang Kerjanya, Rabu 12 April 2017, Camat selaku penguasa di wilayah kecamatan memanggil seluruh Lurah, Kasi Kecamatan, Kasubag di Kecamatan termasuk Sekcam Nongsa Amuri, SE. Camat Nongsa Heryanto menyampaikan secara gamblang mengenai tugas-tugas Lurah, Kasi, Kasubag, termasuk tugas sebagai seorang Sekcam. Kita sebagai Aparat Pemerintah yang berada di Wilayah Kecamatan hanya satu utama kita yaitu melayani masyarakat, apakah itu dalam bidang pemerintahan, pelayanan dan pembangunan, terkait masalah Sampah, masalah Rumah Liar, keamanan dan ketertiban itu adalah tugas pokok dari kasi trantib kecamatan dan kasi trantib kelurahan, oleh karena itu papar Heryanto, harus ada kerjasama yang baik antara kasi trantib kecamatan dan kelurahan, agar kecamatan nongsa ke depan tidak ada lagi persoalan sampah. demikian juga kasi pelayanan, harus membentuk sebuah kerjasama yang baik antara kasi yang ada di kelurahan, agar dalam memberikan pelayanan, masyarakat tak perlu lagi bolak balik ke kelurahan dan kecamatan, saya ingin ada sebuah team work yang tangguh di kecamatan nongsa ini, papar camat nongsa penuh harap. Sengaja saya kumpulkan semua Lurah, Kasi dan Kasubag. di ruang saya, karena agenda kita ke depan sangat padat, dan ini membutuhkan kerjasama yang optimal dalam menghadapi semua agenda-agenda yang akan kita hadapi. sekarang ini kita disibukkan dengan pelaksanan STQ Tk. Kota Batam, lanjut Camat Nongsa, dan Hari Sabtu kita Walikota dan Walikota Batam akan melakukan Silaturahmi dengan seluruh RT/RW se-Kota Batam, saya perintahkan agar Para Lurah menyampaikan agenda Walikota Batam dan Wakil Walikota Batam ini kepada RT/RW agar menghadiri Silaturahmi bersama RT/RW tersebut, ini kita lakukan sebagai bentuk dan wujud kepedulian kita kepada Walikota dan Walikota Batam. kalau bukan kita yang melaksanakan, siapa lagi. papar Camat Nongsa.

Dalam rapat koordinasi yang berlangsung selama 2 jam, masing-masing Lurah menyampaikan isu-isu strategis yang akan dilaksanakan di tingkat kelurahan, Lurah Sambau Anwar, SE menyampaikan pentingnya pengelolaan sampah dengan cara swakelola, kami telah melaksanaan penanganan sampah melalui kerjasama swakelola, dalam artian masyarakat yang mempunyai dana lebih, bekerjasama dengan RT / RW di Kavling Nonga untuk penanganan sampah, mereka yang mengangkut dari rumah ke rumah, RT / RW yang bertugas sebagai pengawasan, kalau ada warga yang membandel, RT / RW lah yang berperan untuk menyampaikan kepada warganya, dan ini alhamdulillah sudah berjalan sejak tahun lalu, papar Anwar, SE yang sudah menjabat sebagai Lurah Sambau sejak tahun 2014 silam. 

Lebih jauh lagi Safaat, SH selaku Lurah Kabil menyampaikan secara rinci permasalahan yang terjadi di Kelurahan Kabil, Alhamdulillah, selama saya menjabat sebagai Lurah di Kelurahan Kabil dalam kurung waktu 4 bulan, semua permasalahan yang kami hadapi, semua bisa diselesaikan berkat bantuan dari teman-teman RT dan RW di Kelurahan Kabil, persoalan sampah, persoalan banjir, semua respon, termasuk keterlibatan karang taruna dan LPM yang sangat memberikan dukungan yang sangat besar untuk Kemajuan Kabil.

Amuri, SE selaku Sekcam Nongsa juga menyampaikan pentingnya disiplin PNS, perlu pembinaan PNS secara kontinyu sehingga sedikit demi sedikit PNS yang selama ini tidak disiplin dalam menjalankan tugas-tugasnya sebagai abdi masyarakat dapat dikurangi, tapi saya apresiasi teman-teman di Kecamatan Nongsa mempuyai disiplin dan etos kerja yang baik. mudah-mudahan ini dapat kita pertahankan atau kalau perlu kita tingkatkan.